Cari Blog Ini

Tuhan memang memberikan banyak cobaan...
Tuhan memang memberikan banyak halangan
Namun...
Ingatlah dibalik semua masalah itu...
Tuhan sayang pada kita...
Dan yakinlah...
Tuhan akan menjadikan semuanya menjadi indah pada waktunya...
n_n GBU n_n

Jumat, 26 Maret 2010

Yesus Disalibkan, Mati, dan Dikuburkan






Yesus Disalibkan
Pilatus telah menjatuhkan hukuman mati kepada Yesus. Sesuai dengan keinginan para Imam dan Ahli Taurat, Yesus ditetapkan untuk disalibkan. Sebelum itu, Yesus di cambuk oleh cambuk besi dan dimahkotai duri oleh para pasukan dalam gedung pengadilan, serta mengolok-ngolokNya dengan memakaikan Jubah ungu serta menyembahnya “Salam, Hai Raja orang Yahudi!”. Tak hanya itu, mereka juga meludahiNya dan memukuliNya hingga tak berdaya.
Kemudian para prajurit membawa Yesus untuk disalibkan ke bukit Golgota (artinya tempat tengkorak). Selama perjalanan ke sana, Yesus diperintahkan untuk memanggul salib. Selama perjalanan itu pula, Yesus jatuh sampai 3 kali. Para prajurit itu memerintahkan seseorang yang berada di kerumunan banyak orang, Simon dari Kirene, membantu Yesus memanggul salibNya. Tepat pukul 9, Yesus disalibkan dibukit Golgota bersama-sama dengan 2 orang penyamun, yang disalibkan disebelah kanan dan kiriNya. Di atas salibNya, tertulis “INRI” yang artinya “Inilah Raja Orang Yahudi”. Selama Yesus disalibkan pula, para prajurit mengolok-ngolokNya, “Jika Kau benar-benar Tuhan, selamatkanlah diriMu!” Yesus hanya terdiam sambil berdoa, “Ya Bapa, maafkanlah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”

Yesus mati

Tepat pukul 12, daerah itu menjadi gelap dan terjadi gempa bumi serta tirai dalam Bait Suci terbelah menjadi dua. Kegelapan dan gempa itu terjadi sampai jam 3 pagi. Yesus berdoa kepada AllahNya, “Ya Bapa, Kuserahkan nyawaKu kedalam tanganMu.”
Kemudian Yesus mati. Para prajurit-prajurit itu mematahkan satu-persatu kaki kedua penyamun yang disalibkan di sebelah kanan dan kiri Yesus. Namun, ketika mereka datang kepada Yesus, mereka telah mendapati Yesus telah mati. Kemudian salah satu dari mereka menusuk lambung Yesus dengan tombak, dan mengucurlah darah dan air dari lambungNya. Kemudian kepala prajurit berkata, “Sungguh Dia ini adalah anak Allah!”

Yesus Dikuburkan
Setelah Yesus mati, Ia diturunkan dari salibNya. Yusuf dari Arimatea, seorang murid Yesus yang kaya meminta mayat Yesus kepada Pilatus untuk dikuburkan. Maka Yusuf membeli kain lenan untuk mayat Yesus. Ia juga menyediakan kuburan untuk Yesus. Kuburan itu berada di suatu taman yang belum pernah ada seorang pun yang menggunakannya sebagai kuburan. Tubuh Yesus dilumuri dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila menguburkan mayat, kemudian badannya dibungkus dengan kain lenan. Mayat Yesus diletakkan pada batu ditengah-tengah gua dimana yesus dikuburkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar